| 1 comments ]

Apakah anda biasa merasakan lelah, tegang, tidak bergairah? Apakah anda merasa seperti tidak adalagi energi yang tersisa pada diri anda sehingga anda harus meminum obat-obatan untuk mengembalikan performa anda setiap hari? Pernahkah anda menyadari bahwa hal-hal tadi adalah gejala umum daripada diet yang rendah nutrisi? Diet, makan makanan cepat saji, makan makanan hasil olahan (processed foods) setiap hari dapat mengakibatkan badan anda kehilangan vital nutrients.

BAGAIMANA ANDA MENGETAHUI BAHWA ANDA MENDAPATKAN NUTRISI YANG SEMPURNA?


Jika anda memakan fast food dan processed foods setiap hari, bias dipastikan anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Keduanya mengandung terlalu banyak kalori dan mengandung nutrisi yang rendah. Tidak diragukan lagi bahwa anda akan merasakan pengaruhnya ke fisik anda akibat dari ketiadaan nutrisi tersebut, tiada kecerahan mental, lemah dan lekas marah. Ini semua adalah gejala bahwa anda tidak pernah memberikan tubuh anda makanan yang berkualitas untuk dimakan.

Jika anda atau anak anda menikmati makanan berkalori tinggi secara teratur, maka anda akan merasakan akibatnya pada kelebihan berat badan dan gejala itu akan melemahkan energi anda serta kejang pada system anda.

NUTRISI RENDAH DAN KALORI TINGGI
Makanan anda merupakan element penting dalam hal anda merasa sehat, dan kuat. Jika anda sudah menderita akibat makanan yang bernutrisi rendah atau anda dimanjakan dengan makanan tinggi kalori secara berlebihan, pasti anda akan merasakan efeknya pada kesehatan anda secara menyeluruh – dan mungkin anda sedang menuju ke penyakit yang lebih serius.

Sementara itu kalori yang berlebihan tidak baik untuk tubuh anda, namun penting dipahami bahwa pengurangan terlalu banyak kalori juga bukan hal yang baik. Anda membutuhkan kalori untuk menghasilkan energi. Jadi, sangatlah penting untuk menenetukan jumlah kebutuhan kalori setiap hari untuk menjaga kesehatan anda. Orang yang tidak memasukkan kalori dalam jumlah yang sempurna karena alasan kesehatan yang rapuh, cacat fisik, diet atau permasalahan penyerapan di usus, merupakan awal dari turunnya berat badan, rendahnya konsentrasi dan jika pembatasan jumlah kalori yang masuk berlangsung lama maka anda mulai merasakan kehilangan fungsi organ tubuh seperti system reproduksi dan pada akhirnya akan mengganggu fungsi utama jantung dan paru-paru.

Makanan berkalori tinggi miningkatkan resiko masalah kesehatan. Kegemukan akan mengakibatkan kekejangan pada organ tubuh dan meningkatkan resiko masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung dan bahkan kanker.

Pengetahuan tentang ukuran yang tepat pada makanan yang disajikan dapat membantu anda menentukan apakah anda (atau anggota keluarga) mengkonsumsi jumlah kalori yang sesuai. Hal ini penting bagi orang tua untuk mengajar anak-anak kebiasaan makan yang sederhana guna memastikan memakan makanan yang baik untuk kehidupannya.

SEBERAPA BERGIZIKAH MAKANAN ANDA?
Selain memperhatikan asupan kalori, hal lain yang penting adalah makanan anda memiliki nilai gizi yang kuat. Anda dapat makan semua kotak cookies untuk memenuhi kebutuhan kalori harian anda tanpa memenuhi persyaratan kebutuhan vitamin, mineral dan nutrien lain.

Memakan makanan yang gizinya kurang sempurna secara teratur akan menyebabkan turunnya daya tahan penyakit, general weakness, dan sifat lekas marah. Kekurangan makanan lain, seperti kurangnya kalsium, dapat menimbulkan gangguan serius seperti osteoporosis.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa Anda memperoleh gizi yang tepat adalah mengkonsumsi vitamin yang baik dan mineral suplemen. Pilih satu sayur dan buah yang telah ekstrak sehingga anda mendapatkan gizi lengkap. Menggunakan suplemen yang berkualitas tinggi adalah investasi baik pada kesehatan dan masa depan.

Bagaimana jika sesekali memakan burger atau pizza? Makanan cepat saji tidak berbahaya jika itu dilakukan hanya sesekali, tetapi jika terlalu sering akan menunjukkan gejala nrgatif. Eduksi diri anda sendiri dan keluarga anda tentang makanan yang sehat, ini akan membantu anda dan keluarga merasa sangat baik dan menikmati kesehatan yang baik.

1 comments

Anonymous said... @ November 13, 2008 at 1:27 PM

wah keren, nambah blog nih sir, sory baru sempet mampir, lg ngebedah rumah, bersih2:)

Post a Comment